Ternyata Aluminium Foil Bisa Meningkatkan Sinyal Wi-Fi, Lihat Videonya!

SINYALMAGZ – Mungkin ketika kita memasang router Wi-Fi di rumah yang tidak terlalu banyak sekat, bisa menjangkau area yang lebih luas. Namun masalahnya, terkadang ada bagian dari rumah kita yang tidak terjangkau oleh jaringan Wi-Fi. Hal tersebut disebabkan terhalang oleh interior rumah.

Tapi jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini.

Seperti membeli ekstender Wi-Fi, menciptakan jaringan mesh Wi-Fi menggunakan perangkat seperti Google Wi-Fi, atau bisa juga dengan membeli router dengan sinyal yang lebih kuat.

Namun, untuk melakukan hal tersebut membutuhkan dana yang lebih banyak. Selain itu, tidak semua pengguna rela untuk mengeluarkan dana lebih agar dapat menjangkau area Hot Spot yang lebih luas lagi.

Nah, kini ada kabar baik buat kamu, dimana peneliti di Dartmouth College baru-baru ini telah menemukan cara baru untuk bisa meningkatkan sinyal Wi-Fi. Bahwa dengan 3D printing dan biaya material sekitar $35, kamu tidak hanya bisa memperbaiki sinyal Wi-Fi kamu saja, namun kamu juga dapat membuatnya lebih aman pada saat yang bersamaan.

Hal ini didasarkan pada konsep bagaimana menempatkan aluminium foil atau aluminium yang berada di belakang titik akses Wi-Fi. Hal tersebut benar-benar dapat meningkatkan sinyal Wi-Fi menjadi lebih baik!

Dan tentu saja hal tersebut juga dapat meningkatkan jangkauan area Hot Spot pula.

Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, aluminium akan memantul sinyal dari jalur router kamu. Jadi, jika Wi-Fi kamu ditempatkan di samping dinding, itu akan memantulkan sinyal dari dinding.

Selain itu, dengan menciptakan penghalang fisik, hal ini juga akan membantu membatasi sinyal nirkabel kamu pada ruang yang terbatas. Sehingga sulit bagi penyerang dari luar untuk menghubungkan ke jaringan kamu, setidaknya ini dalam teori.

Para peneliti kemudian menguji teori ini dengan 3D printing reflektor yang terbuat dari plastik dan logam. Lalu mengarahkan sinyal wireless ke daerah-daerah dimana kamu ingin untuk menjangkau area tersebut.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled