Tips Agar Belanja Online Aman Dari Penipuan Saat Harbolnas

SINYALMAGZ.com – Sebentar lagi Harbolnas akan segera digelar, yang jatuh pada 12 Desember 2018 mendatang. Biasanya, banyak dari masyarakat yang memilih membeli barang secara online. Alasannya, lebih praktis, tidak perlu datang ke toko dan hanya perlu bayar dengan kartu lalu tunggu barang datang.

Namun banyak juga lho yang masih belum tahu cara aman berbelanja online. Jika tidak hati-hati, kamu pasti bisa kena tipu dan rugi. Bisa jadi barang tidak sesuai dengan gambar, atau malah barang tidak datang sama sekali, padahal kamu sudah bayar!

Kamu pasti tidak mau kan kena tipu dan jadi korban belanja online? Nah, agar kamu terhindar dari usaha penipuan, coba deh kamu ikuti tips agar belanja online aman dari penipuan ketika Harbolnas nanti ini.

Berikut tips agar belanja online aman ketika Harbolnas.

1. Diskon online yang terlihat terlalu menggiurkan, kemungkinan itu adalah penipuan!

Memang banyak situs yang menawarkan diskon menarik, tetapi diskon juga sering diberlakukan oleh penjual. Jadi, segera hapus atau keluar dari situs tersebut.

Cara terbaik untuk menguji apakah suatu diskon benar adanya atau malah tipu-tipu adalah dengan mengunjungi situs atau katalog vendor langsung untuk melihat harga asli dan pengumuman diskon.

Selain itu, jangan langsung mengklik tautan yang ada di e-mail. Karena kamu tidak tahu apakah itu berbahaya atau tidak.

2. Perhatikan jaringan nirkabel di situs e-Commerce yang terhubung saat hendak melakukan pembelian

Jangan sembarangan memasukkan angka atau nomor kartu kredit jika kamu sedang tidak terhubung ke jaringan yang dapat dipercaya atau tidak dikenal.

Ingat, sistem pembayaran paling aman saat belanja online adalah dengan uang tunai/Cash on Delivery (COD), atau melalui perantara toko.

Jika memungkinkan, jangan gunakan kartu jenis debit untuk membeli barang secara online.

3. Hati-hati dengan Typosquatting

Pasti kamu pernah melihat penjahat online membuat situs dengan mengganti satu atau dua huruf yang menyerupai situs merek asli?

Ya, tujuannya adalah untuk menipu kamu saat ingin melakukan pembelian serta menggali informasi pribadi.

Senantiasa cek ejaan, dan teliti terhadap usaha penipuan ala Typosquatting yang pernah terjadi beberapa waktu lalu melalui situs Twitter.

4. Pastikan password atau kata sandi aman, panjang, dan kompleks

Buatlah sandi atau password kamu berbeda dan susah ditebak. Masukan angka, huruf besar, huruf kecil dan simbol, agar tidak mudah dijebol dengan mudah.

Tapi ingat, jangan sampai kamu sendiri juga lupa password-nya lho!

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled