Polisi Inggris Kembangkan Detektor Penggunaan Ponsel di Mobil

WWW.SINYALMAGZ.COM – Polisi Inggris telah meluncurkan perangkat baru yang dapat mendeteksi ketika pengendara menggunakan ponsel mereka saat mengemudi. Teknologi baru ini dibuat oleh Westcotec, dapat menentukan berapa banyak mobil di jalan yang memiliki telepon yang tengah digunakan.
Ketika perangkat ini mendeteksi telepon yang digunakan secara otomatis  akan mem-flash simbol ponsel di kendaraan dan menyarankan pengemudi untuk berhenti menggunakan telepon mereka. Kira-kira mirip dengan tampilan LED pinggir jalan yang memperingatkan pengendara yang mempercepat untuk “memperlambat”.
Namun, detektor tidak dapat memastikan apakah itu pengemudi atau penumpang yang menggunakan telepon.
Kepolisian Hampshire dan Thames Valley adalah yang pertama meluncurkan penggunaan perangkat yang juga memungkinkan petugas mengidentifikasi hotspot di mana ponsel sering digunakan oleh pengendara.
Seorang juru bicara kepolisian mengatakan, “Teknologi ini dapat mendeteksi kapan Bluetooth digunakan tetapi tidak dapat mendeteksi jika seorang penumpang menggunakan telepon, tetapi tanda itu masih akan diaktifkan mengingatkan pengendara tentang gangguan dari sebuah ponsel saat mengemudi.”
PC Liz Johnson, seorang petugas keselamatan jalan, mengatakan, “Penelitian menunjukkan kepada kami bahwa Anda empat kali lebih mungkin kecelakaan jika Anda menggunakan ponsel saat mengemudi. Ini karena waktu reaksi sekitar 50 persen lebih lambat daripada pengemudi yang tidak menggunakan ponsel.”
“Meskipun tidak diragukan lagi bahwa teknologi ini belum dapat secara definitif mendeteksi driver yang menggunakan telepon genggam secara ilegal, kami menyadari peralatan kamera sedang diuji coba di negara lain yang dapat melakukannya,” tambah Johnson.
Dengan kata lain, detektor saja tak cukup, peran kamera CCTV seperti yang tengah dikembangkan di Jakarta juga mmegang peran penting. (*)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled