Tips Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Di-charge

SINYALMAGZ.com – Tak bisa dipungkiri, smartphone yang tidak bisa di-charge memang menjengkelkan. Aktivitas komunikasi pun jadi terganggu.

Meski demikian, daripada buru-buru dibawa ke tempat service, coba deh perbaiki sendiri dulu.

Nah, beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa kamu coba sebelum mengeluarkan biaya untuk service smartphone kesayangan kamu itu.

Berikut caranya:

1. Pastikan stop kontak dan port USB tempat kamu mengisi baterai berfungsi normal. Kadang, smartphone yang tidak bisa di-charge karena memang dua hal tersebut sudah rusak dari awalnya.

2. Cek adapter dan kabel charging. Kalau tidak berfungsi di smartphone kamu, gunakan smartphone lain. Pastikan juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.

3. Cek keaslian adapter dan kabel. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone.

Misalnya saja, kabel iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi. Jadi kalau palsu atau tidak ada lisensi, bisa jadi itu yang menyebabkan smartphone tidak bisa di-charge.

di charger

Ilustrasi

4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi hati-hati, jangan sampai merusak port charging.

5. Restart smartphone kamu.

6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan ter-update hingga ke versi terbaru. Namun jika update-nya malah membuat smartphone kamu jadi tidak bisa di-charge, maka hapus versi baru tersebut.

7. Cek baterai. Kadang, baterai yang umurnya sudah lawas memiliki daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya.

Cobalah kamu download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan baterai kamu.

8. Ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu pada smartphone kamu sebelum tidak bisa di-charge. Misalnya saja, terkena air atau terjatuh?

Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, namun tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin di dalamnya.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled