Jangan Letakkan Smartphone di Tempat Ini

SinyalMagz.com – Saat ini perangkat mobile seperti smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktifitas keseharian masyarakat. Apalagi jika melihat penggunaan smartphone Android yang semakin hari semakin populer saja.

Namun di balik itu semua, banyak dari kita yang tidak menyadari adanya bahaya bagi kesehatan apabila menyimpan perangkat tersebut secara sembarangan.

Selain dapat merusak hardware ponsel, meletakkan smartphone secara sembarangan juga dapat mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan organ tubuh. Pasalnya, radiasi sinyalnya yang tinggi diduga dapat merusak jaringan atau sistem yang ada di dalam tubuh manusia.

Nah, untuk itu kamu perlu perhatikan tata letak smartphone kamu, agar tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan:

1. Jangan meletakan smartphone di tempat tidur

Meletakkan smartphone di tempat tidur ketika kita sedang tertidur merupakan kesalahan fatal. Pasalnya, selain dapat merusak smartphone, bahaya lainnya tentu saja untuk kesehatan. Sebab, peralatan elektronik seperti smartphone dapat mengeluarkan radiasi sinyal yang dapat mengganggu syaraf-syaraf di kepala kamu.

Beberapa studi bahkan mencatat, bahwa hal ini dapat menghambat produksi hormon melatonin yang mempengaruhi tidur.

Oleh karena itu, matikan dan jauhkan smartphone dari tempat tidur ketika kamu tertidur dengan nyenyak.

2. Jangan menyimpan di saku celana

Menyimpan smartphone di saku celana memang sangat praktis. Namun bagi pria, disarankan menghindari kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana.

Dalam sejumlah studi, paparan radiasi jangka panjang dari ponsel yang diletakkan dekat alat kelamin pria akan dapat merusak sperma. Salah satunya adalah menurunkan jumlah sperma. Tentu ini perlu dihindari bagi pria yang masih ingin menjadi ayah.

Meski masih menjadi perdebatan, namun para ahli menyarankan bagi pria untuk tidak memelihara kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana. Lebih baik simpan di dalam tas saja.

3. Jangan diletakan dekat barang elektronik

Meskipun terlihat yang sangat sepele, namun kebiasaan meletakkan smartphone di dekat barang-barang elektronik dapat merusak keduanya secara langsung.

Hal itu disebabkan karena adanya bahan elektromagnetik yang tersemat pada keduanya.

Getaran produk elektronik saat menyala juga mampu merusak komponen dan sinyal dalam smartphone kamu.

4. Jangan letakan smartphone di bagasi motor

Ini sangat berbahaya. Jika sepeda motor dalam keadaan menyala, maka panas yang dihasilkan oleh mesin juga bisa menyebabkan smartphone kamu menjadi panas.

Dan akan lebih berbahaya lagi, karena bisa membakar sepeda motor tanpa kamu sadari. Pasalnya, posisi jok motor yang dekat dengan tanki bensin akan mudah terbakar, dan sangat membahayakan bila sampai meledak.

5. Jangan letakkan dekat kunci mobil

Kunci mobil dan smartphone sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik. Jadi, jika berada dalam jarak yang sangat dekat, maka keduanya akan saling merusak.

Hal itu terjadi karena smartphone yang diletakkan terlalu dekat dengan kunci mobil dapat menghapus kode elektronik yang ada di kunci tersebut. Bahkan, smartphone kamu juga dapat merusak seluruh peralatan elektronik kendaraan.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled