Review: Vivo V9, Layar Bergaya Poni, Kamera Super Selfie

WWW.SINYALMAGZ.COM  – Barangkali Oppo tengah deg-degan, ketika secepat kilat vivo V9 sudah hadir di Indonesia. Dibuka dengan rilis heboh-hebohan di Candi Borobudur pun ditayangkan live di sejumlah televisi nasional. Kegilaan berlanjut lagi, saat berlangsung flash sale di 10 online shop. Hasilnya, vivo V9 menjebol rekor penjualan smartphone terlaku untuk range Rp 3-4 jutaan di kuartal 1 2018.

Tentu saja seri yang punya ciri memiliki layar poni (notch) ini bakal memberi kontribusi capaian vivo di blantika smartphone tanah air. Tahun silam, Desember 2018, vivo duduk di urutan tiga di bawah Samsung dan Oppo. Sebagai pendatang yang relatif anyar, ini bisa membahayakan brand global dan lokal.

Perhatian publik lokal tersita ke vivo V9 sekarang. Di luar segala bentuk promosi dan kampanye, sesungguhnya smartphone berbobot 150 gram ini punya fitur keterkinian. Zaman now, anak muda sekarang menyebutnya.

Dan, anak muda memang disasar. Terutama yang doyan mematut di depan kamera depan demi ciptakan foto selfie resolusi tinggi dan tentu keren punya.

 

BODI

Arah Jarum Jam: Kamera Utama dan Sensor Sidik Jari, Tray 3 Dudukan, Port Audio 3,5 mm, microUSB, Speaker, serta Kamera Depan 24 MP

Desain vivo V9 seolah ingin mengangkat status sosial penggunanya. Bagaimana tidak, dari segi rancang bangun layak disebut berkelas. Jika Anda telusuri, ada tiga material utama. Di antaranya aluminium sebagai frame, kaca pada bagian depan. Sedangkan di punggung berupa polikarbonat yang solid.

Di punggung, dua buah kamera tertata di sebelah kanan atas. Menyatu dalam balutan lis dengan sebuah LED flash. Begitu halnya dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di punggung demi memberi keleluasan pada layar di depan.

Pengaturan tata letak lainnya adalah dua tombol dalam satu baris di samping kanan. Sedangkan sebuah slot kartu SIM yang dilengkapi baki untuk meletakkan tiga kartu sekaligus ditempatkan di sisi kiri. Pada baki tersebut sudah tersedia masing-masing dua buah nanoSIM dan sebuah microSD, sehingga kedua kartu SIM dapat digunakan.

Menginjak ke bagian bawah, vivo menyiapkan untuk meletakkan seluruh port dan speaker. Rongga untuk charging baterai masih memakai microUSB, sehingga mungkin kabel USB lama Anda masih bisa digunakan.

Earpiece dan kamera selfie tepat berada di tengah atas alias dibagian poni. Agaknya vivo belum menyediakan LED flash untuk keperluan swafoto.

 

LAYAR

Style iPhone X dengan notch-nya memang terlihat dominan. Tapi bukan soal, toh vivo V9 dapat mengoptimalkan model layar seperti ini. Sehingga dua sisi bagian atas dapat digunakan untuk meletakkan indikator dan notifikasi. Layar begitu terasa lega menampilkan visual. Vivo bahkan menambahkan gimmick berupa wallpaper dengan foto-foto yang sangat indah sebagai penghias layar. Hal yang jarang diperhatikan produk lain.

Layar tersebut menempati space penampang depan hingga 85 persen lebih. Pola bezeless dengan menyisakan sisi samping yang sangat tipis, 1,75 mm. Layar berukuran diagonal 6,3 inci bermutu FHD+. Resolusinya 1080 x 2280 pixel, jenis IPS LCD. Memang tak dilapis oleh Gorilla Glass, sebagai gantinya dipasang screen protector.

Layar juga sangat responsif ketika disapu untuk mengoperasikan menu ke menu. Sapukan ke kiri atau kanan, tap dan seterusnya. Harus diakui sangat menyenangkan.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled