Jangan Tertipu! Begini Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Yang Asli

SINYALMAGZ.com – Seperti kita ketahui, aplikasi memang bisa diunduh secara bebas, baik itu dari platform iOS maupun Android. Tapi tahukah kamu, ternyata ada ribuan aplikasi palsu yang “bergentayangan” di App Store maupun Google Play Store.

Yang mengejutkan lagi, deretan aplikasi palsu alias abal-abal itu bisa mengancam dengan cara mencuri informasi pribadi pengguna, dengan cara yang licik.

Nah, agar kamu tidak menjadi korban aplikasi abal-abal tersebut, berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan untuk membedakan mana aplikasi yang asli dan yang palsu.

Berikut caranya, sebagaimana dikutip Gadgets Now, Rabu (14/11/2018).

1. Periksa aplikasi dari situs pengembang resmi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu mengecek nama pengembang (developer) dan sumber aplikasi tersebut dari situsnya.

2. Periksa deskripsi aplikasi

Aplikasi palsu alias abal-abal bisa dicek dengan deskripsi yang terdengar janggal. Atau juga memiliki kesalahan ejaan, baik dari judul maupun deskripsinya.

Oleh sebab itu, cek kembali deskripsi aplikasi yang ada di App Store atau Google Play Store sebelum kamu memutuskan untuk mengunduh.

3. Periksa ulasan aplikasi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, ada baiknya untuk membaca ulasan atau review-nya di App Store atau Google Play Store.

Sudah pasti aplikasi palsu biasanya dijejali dengan ulasan negatif dan keluhan dari para pengguna.

4. Periksa latar belakang pengembang

Mengunjungi situs web aplikasi resmi termasuk cara yang paling penting.

Sebab, hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk mengecek identitas dan latar belakang pengembang, dan tahu akan hal-hal yang mencurigakan.

5. Periksa jumlah unduhan

Memperhatikan jumlah unduhan juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya, jumlah unduhan yang cukup tinggi membuktikan keaslian dari aplikasi yang hendak kamu unduh.

Cara Jauhi Ponsel Android Dari Aplikasi Berbahaya

Seperti diketahui, Google kerap memantau keamanan aplikasi yang ada di dalamnya untuk mencegah adanya file berbahaya. Dan untuk memastikannya, kamu dapat melakukannya sendiri dengan memindai melalui fitur Play Protect.

Caranya, buka Play Store, lalu pilih “Menu” dan “Play Protect”.

Setelah itu, kamu juga dapat mengetahui keamanan aplikasi yang terpasang di dalam perangkat kamu.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled