XL MoodMusic, RBT yang bisa tampilkan suasana hati

XLMoodMusic_3

 Layanan Nada Tunggu alias ring back tone (RBT) hingga kini masih menjadi layanan favorit masyarakat, termasuk pelanggan XL. Saat ini, tak kurang ada 2,5 juta pengguna XL yang berlangganan RBT. Kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan juga besar, mencapai 30-40 persen dari total pendapatan layanan VAS. Tak mau berpuas diri, XL menawarkan layanan lain sebagai alternatif RBT agar lebih unik dan segar.

Setelah menerima masukan dari pelanggan, XL akhirnya meluncurkan konsep nada tunggu baru, yang lebih unik dan fleksibel, di Jakarta (12/1).  Bernama “MoodMusic”, nada tunggu yang inovatif ini menjadi yang pertama hadir di Indonesia, dan sudah bisa dinikmati pelanggan XL sejak 1 Desember 2015 lalu.

Chief Revenue Management Officer XL, M. A. Ali mengatakan, “Era digital telah melahirkan berbagai produk layanan digital yang bersifat entertainment, namun tetap saja pelanggan tetap mencari RBT sebagai ‘status’ pada penanda nada tunggu telponnya. Hingga saat ini pun, RBT masih saja sebagai layanan VAS yang paling banyak diminati. Berdasarkan usulan dan ide para pelanggan pula layanan inovatif ini bisa kami hadirkan.”

XL MoodMusic adalah layanan nada tunggu di mana pelanggan dapat mengekspresikan mood atau perasaannya lewat musik nada tunggu langsung di ponselnya. MoodMusic dibekali fitur unggulan, yaitu pelanggan bisa bebas mengganti sendiri lagu-lagu sesuai dengan mood-nya. Tujuannya penelpon bisa mendengar dan ikut merasakan mood yangs sedang dirasakan pemilik nomor. Berbeda dengan nada tunggu lain yang selama ini ada, pelanggan bisa mengganti-ganti atau update lagu nada tunggu mereka tanpa biaya tambahan selama masa langganan.

Ada ratusan koleksi lagu pilihan yang sudah disesuaikan dengan berbagai macam mood pada layanan ini. Tersedia pula lagu-lagu lagu terbaru, sehingga pelanggan mudah mencari dan mengatur lagu nada dering-nya.

Belajar dari pengalaman beberapa tahun lalu yang dianggap merugikan pelanggan operator secara umum, XL memberikan jaminan keamanan Informasi yang jelas. Informasi itu berupa  tarif yang jelas, periode dan keuntungan berlangganan di awal. Layanan ini juga menerapkan kebijakan konfirmasi ulang (double confirmation) untuk memastikan pelanggan sendiri yang memutuskan apakah dia berlangganan atau tidak. XL juga memberikan informasi berkala lewat notifikasi tentang cara penggunaan dan status layanan MoodMusic yang aktif.

Pilihan lagu yang tersedia dalam MoodMusic terbagi dalam 11 jenis mood. Pada setiap mood tersedia ratusan pilihan  lagu yang sesuai, dan akan dibaharui setiap pekannya. Jenis mood yang tersedia adalah Happy, Asik, Romantis, Semangat, Galau, Groovy, Bete, Hitz, Stress, Santai, Cool.
(ke halaman berikutnya)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled