Telkomsel Bantu Kembangkan Inovator Lokal di Demo Day

WWW.SINYALMAGZ.COM – Inovator lokal diberi peluang mengoptimalkan potensinya dengan memanfaatkan ekosistem aset dan jejaring Telkomsel elalui Corporate Accelerator-nya Tinc. Pada Tinc Batch 7 di Jakarta mempertemukan 4 startup, 11 alumni, 10 partner, dan 17 modal ventura dalam Demo Day and Alumni Gathering.

Bertajuk ‘Expanding the Possibilities: Resilience, Reboot, Reinvent’, Demo Day digelar, mengapresiasi startup peserta program Tinc Batch 7 dan mempertemukan mereka dengan modal ventura ternama, pertemuan alumni, membuka peluang kolaborasi startup dengan unit bisnis Telkomsel. juga dengan para mentor dan expert, mitra strategis, dan komunitas modal ventura.

Acara ini jadi wadah para stakeholders temu dan buka peluang kolaborasi dalam bentuk pengumpulan dana, investasi, partner strategis. “Sebelumnya mereka pernah berkumpul secara daring, dan Tinc Batch 7 Demo Day & Alumni Gathering diharapkan jadi titik awal ekosistem Tinc memperkuat hubungan, memperluas jejaring, dan mendukung satu sama lain,” kata Direktur Planning & Transformation, Telkomsel Wong Soo Nam

Di Demo Day, dipertunjukkan kemajuan bisnis dari startup Tinc Batch 7 dalam beberapa tahapan akselerasi, ada pengayaan melalui bootcamp dan mentoring. Startup Askara, Fammi.ly, Machine Vision dan Tumbasin menyampaikan presentasi tentang lingkup bisnis, peta jalan bisnis, rencana kolaborasi, hingga rencana pendanaan mereka. Dengan umpan balik dari pemodal ventura, diharapkan startup berkembang mencapai tingkat kematangan dan kelayakan investasi yang tepat.

Telkomsel mengundang Telkomsel Mitra Inovasi, MDI Ventures, Aksara Ventures, Angel Investment Network Indonesia, Arise VC, Benson Capital, Global Founder Capital, Qualgro Singapore, Gayo Founder Capital, Cydonia VC, Jungle Venture, Kejora-SBI Orbit, Kinesys Group, Northstar Group, Sequoia Singapore, Skystar Capital, dan Venturra.

Pada pertemuan alumni, Tinc menghubungkan portofolio startup untuk berbagi kabar perkembangan bisnis mereka. Startup Bizhare, Ecodoe, ZiCare, Shinta VR, Jojonomic, Kecilin, eFishery, Jala, Habibi Garden, Birru, dan Ctscope, dipertemukan dengan para pemodal ventura dan unit bisnis Telkomsel menggali potensi kolaborasi dan mendiskusikan bagaimana startup bertahan di tengah situasi ekonomi pasca pandemi.

Siap akuisisi

Tinc Batch 7 Demo Day and pertemuan alumni membuka pendaftaran sejak 18 Oktober 2021 bagi startup dengan solusi digital di berbagai bidang. Setelah dseleksi, dipilih startup terbaik untuk menjalani program pengembangan selama 6 bulan. Mereka memanfaatkan ekosistem, aset dan jejaring Telkomsel, sekaligus menjajaki potensi kolaborasi dengan perusahaan.

“Telkomsel berharap di ujung program Tinc Batch 7 ini, startup yang berpartisipasi bisa mendemonstrasikan ketangguhan mereka bertahan di tengah perubahan dan krisis, menyalakan ulang adaptasi terhadap peralihan tren dan kompetisi bisnis, serta gagasan baru dan tetap inovatif. Kembangkan segala kemungkinan bersama Telkomsel,” ujar Soo Nam.

Tinc berperan sebagai akselerator pendukung startup untuk berkolaborasi, riset dan piloting bersama, membuka peluang komersialisasi hingga akses pasar yang menerapkan tiga nilai utama mendukung kemajuan para inovator lokal pada setiap angkatan. Connect, membantu menghubungkan startup dengan ekosistem tepat untuk tumbuh, akselerasi untuk percepat persiapan komersialisasi startup memasuki segmen pasar tujuan, membantu startup tumbuh bersama ekosistem aset dan jejaring bisnis.

Telkomsel melengkapi Tinc dengan beberapa fasilitas penunjang seperti Bootcamp & Workshop, Mentorship, Funding, serta fasilitas yang unik seperti akses ke Telkomsel Digital Ecosystem, akses ke Market, Internal Perks, hingga Project Buddy. Telkomsel menggandeng Telkom Indigo, Google Cloud, Meta, AWS, Xendit, DKK Consulting, Rombak Media, Pijar, Kumpul, Mitsui & Co, dan Block71 sebagai mitra strategis mendukung proses pengembangan bisnis peserta program akselerasi.

Tinc jadi bagian peta jalan pengembangan ekosistem digital Telkomsel, dimulai program pengembangan tech talents, digital creators, dan calon startup founders bertajuk IndonesiaNEXT. Beberapa startup Tinc merupakan referral dari program NextDev, pintu awal ekosistem pemberdayaan startup yang sekaligus bertindak sebagai inkubator bisnis bagi early-stage startups.

Startup yang siap menginjak tahap series funding dapat bermitra dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang akan mendukung stabilitas startup melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang. Melalui Indico, holding company bagi inovasi-inovasi digital, Telkomsel siap mengakuisisi startup tingkat lanjut, agar bisnis digital mereka dapat tumbuh secara terukur dan berkelanjutan. (*)

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled