Cara Menghapus WhatsApp Sticker yang Memenuhi Memori

WWW.SINYALMAGZ.COM – Tahukah Anda bahwa dibandingkan foto atau video, WhatsApp Sticker ternyata merupakan konten yang paling sering dibagikan. Lalu, tahukah Anda bahwa WhatsApp Sticker dapat memenuhid an menyesaki ruang memori di smartphone Anda.

Coba lah sesekali ke folder file Anda. Di sana, jika Anda browsing lebih dalam akan menemukan folder di mana ternyata begitu banyak konten WhatsApp Sticker tersimpan. Dengan kata lain, stiker ini juga merupakan file yang sama dengan video ataupun foto.

Berbeda dengan emoticon. Emoticon tidak disimpan di dalam file memori smartphone Anda. Emoticon berada di dalam sistem WhatsApp.

Jadi jika Anda selalu menjawab atau mengkomentari sesuatu dengan memakai WhatsApp Sticker maka Anda sebenarnya sedang membagikan file. File yang bakal memenuhi ruang memori smartphone kawan Anda juga anggota WhatsApp Group Anda.

Lalu, bedanya lagi dengan video atau foto, jika foto atau video (khususnya dalam ukuran besar) tidak Anda buka, kadang ia tidak akan secara otomatis tersimpan di memori smartphone. Sedangkan WhatsApp Sticker, secara otomatis akan berpindah ke smartphone rekan atau anggota grup.

Jadi jangan kaget bila, Anda sudah sering menghapus kiriman foto atau video demi menjaga performa smartphone agar optimal, tetapi masih ada yang mengganjal. Tidak lain adalah ratusan atau ribuan file WhatsApp Sticker yang masih tersimpan di memori. Masalahnya, WhatsApp tidak menyediakan menu blokir WhatsApp Sticker.

Ukuran file setiap WhatsApp Sticker berbeda-beda. Tergantung dari format dan ekstensinya. Untuk yang video bahkan bisa mencapai 900 KB. Bisa Anda bayangkan jika ada 100 stiker sejenis, memori Anda terisi 90 MB. Artinya ini setara dengan 18 lagu dengan bitrate 48 Kbps alias dua album.

Oleh karena itu, secara reguler Anda harus mencek dan rutin menghapus stiker-stiker yang tidak penting bahkan tidak lucu. Daripada hanya menyesaki memori smartphone Anda.

Cara menghapus WhatsApp Sticker?

STEP 1

  1. Cari fitur My Files atau menu penyimpanan file lainnya.
  2. WhatsApp Sticker biasanya tersimpan di Internal Storage. Sebaiknya sekalian Anda cek memori yang terpakai dan berapa memori tersisa.
  3. Selanjutnya pilih folder WhatsApp. Kemudian tap folder Media, di mana WhatsApp Sticker dianggap sebagai produk media.

STEP 2

  1. Di folder Media, akan muncul beberapa subfolder, salah satunya WhatsApp Sticker. Cek jumlah stiker yang tersimpan. Setiap stiker yang muncul di layar setiap hari dan setiap jam, akan disimpan secara otomatis oleh smartphone, walaupun ada stiker yang sering di-share.
  2. Mari kita hapus dengan cara; tap perlahan sampai muncul tanda centang (V). Lalu perlahan scroll down untuk mempercepat pencentangan.
  3. Tap Delete atau icon Tempat Sampah. Pilih opsi Move to Trash. Tunggu beberapa detik seluruh file WhatsApp Sticker dibuang.
  4. Selanjutnya cek di percakapan WhatsApp bahwa seluruh WhatsApp Sticker telah terhapus. (*)

 

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled