Review: Perbandingan Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

SINYALMAGZ.com – Samsung baru saja resmi merilis dua perangkat barunya dari lini Galaxy M pada tanggal 28 Januari 2019 lalu di India. Kedua perangkat baru tersebut adalah Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Sabtu (9/2/2019), duo Galaxy M ini merupakan peleburan dari tiga lini entry-level Samsung, yakni lini J, C, dan On.

Smartphone murah Samsung ini juga telah lolos sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian, dengan tingkat kandungan local 31,10 persen. Dan dengan didapatkannya sertifikat TKDN, berarti perusahaan Korea Selatan itu bakal segera merilis kedua smartphone ini ke pasar Indonesia.

Lantas, apa saja perbedaan antara Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20?

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut perbedaan spesifikasi dan harga antara Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20.

Spesifikasi Detail Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

Desain

Dari segi desain, baik Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20 sama-sama mengusung desain Infinity-V. Di mana berupa notch atau poni di layar yang berbentuk huruf “V”, yang digunakan sebagai rumah untuk kamera depan.

Meski demikian, desain Infinity-V ini sejatinya sama dengan waterdrop screen yang tengah menjadi tren saat ini.

Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

Samsung Galaxy M10 memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibanding Galaxy M20, yakni 6 inchi, dengan resolusi 1520 x 720 panel LCD.

Sementara Galaxy M20 memiliki layar Infinity-V dengan resolusi Full HD, dengan ukuran 6,3 inchi, dan beresolusi layar 2340 x 1080 serta berpanel IPS LCD.

Keduanya tersedia dengan dua pilihan warna premium, yakni Charcoal Black dan Ocean Blue

back to menu ↑

Performa

Untuk urusan dapur pacu, kinerja Galaxy M10 dibekali chipset lawas prosesor Octa-Core Exynos 7870 dengan arsitektur 14 nm, delapan inti Cortex-A53 dengan masing-masing kecepatan 1,6 GHz.

Komponen tersebut lantas dipadukan dengan RAM sebesar 2 GB atau 3 GB, serta memori internal 32 GB.

Soal keamanan, Samsung Galaxy M10 hadir dengan fitur Face Lock.

Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20

Sementara kinerja Galaxy M20 ditenagai oleh chipset terbaru dari Samsung, yakni Exynos 7904, yang diklaim meningkatkan pengalaman pengguna melalui kecepatan jaringan yang sangat baik, multitasking yang lancar, dan konsumsi daya yang rendah.

Chipset terbaru dari Samsung itu juga memiliki arsitektur 14nm, dua inti besar Cortex-A73, clock speed 1.8 GHz dan enam inti Cortex-A53 dengan clock speed 1,6 GHz. Dan dipadu dengan RAM 3 GB atau 4 GB.

Dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB atau 4 GB, memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan kapasitas eksternal hingga 512 GB.

Selain itu, terdapat pula panel Face Lock serta fitur Fingerprint, yang membulat di punggung layar.

Galaxy M20 sendiri berjalan di sistem operasi Android 8.1 Oreo, yang dilapisi antarmuka Samsung Experience 9.5.

Keduanya smartphone juga sama-sama telah memiliki sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD tanpa batas melalui aplikasi populer.

back to menu ↑

Kamera

Dual Camera yang powerfull juga merupakan sorotan utama dari seri Galaxy M ini, terutama bagi generasi millenial masa kini yang senang mengabadikan momen melalui foto dan video.

Baik Galaxy M10 maupun M20, keduanya sudah sama-sama dilengkapi dengan dual rear camera serta ultra-wide lens, yang tersusun vertikal.

Di mana keduanya hadir dengan kamera belakang utama sebesar 13 MP yang memiliki aperture f/1.9. Keduanya juga memiliki fitur ultra-wide lens sebesar 5 MP.

Ultra-Wide Lens ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang lebih luas dengan mudah, di mana cocok untuk mengabadikan landscape, perkotaan, grup foto, dan lain-lain.

Selain itu, baik Galaxy M10 maupun M20 juga sama-sama telah dilengkapi dengan lensa low-aperture terbaik di kelasnya, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Untuk kemera selfie, Galaxy M20 memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0. Kamera depan ini juga sekaligus untuk mendukung fitur Face Unlock.

Sedangkan kamera depan Galaxt M10, memiliki resolusi yang lebih kecil dari Galaxy M20,  yakni sebesar 5 MP, dengan aperture f/2.0.

back to menu ↑

Baterai

Keunggulan Galaxy M20 terletak pada kapasitas baterainya yang besar yang powerfull, yakni 5.000 mAh.

Selain itu, sektor pengisisan daya Galaxy M20 juga sudah didukung pula oleh pengisi daya 15W serta fitur fast charging type-C seperti yang ada pada smartphone premium.

Sedangkan untuk Galaxy M10, hanya diperkuat dengan baterai sebesar 3.400 mAh saja, yang juga telah dibekali dengan fitur fast charging. Fitur ini memastikan pengisian daya tiga kali lebih cepat dibandingkan pengisian normal.

Bicara soal harga, Galaxy M20 dapat dibeli melalui platform mitra e-commerce, yaitu Lazada, Blibli, dan JD.id, dengan harga retail Rp 2.799.000 di Indonesia.

Samsung Galaxy M20 sudah dapat dibeli mulai dari tanggal 14 – 21 Februari 2019 dengan penawaran spesial.

Sementara untuk Galaxy M10, hingga saat ini Samsung belum memberikan informasi terkait harga dan ketersediaan di Indonesia.

 

 

*Sinyaliti.com melayani jasa Service iPhone Panggilan untuk Penggantian Kamera Belakang dan Kamera Depan iPhone, dengan harga yang bersaing dan dengan spare part Original bergaransi.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled