Review: Advan i6, Sajikan Layar Lebar, Baterai Jempolan

WWW.SINYAL.CO.ID – Akhir April, Advan membordir lagi satu seri harga sekitar Rp 1,5 jutaan. Kali ini mengusung keunggulan pada layar yang dikemas full view. Harapannya agar mata pengguna tak memincing lagi, pun lebih nyaman ketika menampilkan gambar berwarna. Dan itu dioptimalkan oleh Advan.

Faktor lainnya adalah pada penggunaan sensor fingerprint yang kini seperti menjadi standar biasa bagi sejumlah produk Advan.

Penjualannya sendiri menggandeng Telkomsel yang menyertakan bonus SIM card. Tetapi lebih dari itu, Advan kian menantang. Bahkan sisi software-nya pun terus berkembang dan berani menambahkan beberapa aplikasi. So, Advan i6 hadir lebih dari sekadar menampilkan layar lebar.

 

DESAIN

Dibandingkan dengan i5C Duo, sebenarnya i6 tampak lebih simple, tak terlalu banyak pernik. Lekukan di empat sudut tak hanya dikenakan pada bodi, namun juga layar sehingga kelihatan inline.

I6 yang mengusung layar 5,5 inci membuat bodinya tak terlalu besar. Sehingga nyaman saja digenggam. Anda selipkan ke kantung celana pun tak soal.

Desainnya belum unibody. Artinya di punggung masih memakai cover plastik yang dapat dibuka-tutup untuk menyelipkan kartu memori dan SIM card. Namun material punggung ini dibuat glossy agar memberi kesan techie.

Di belakang, baterai menancap dan tak removable. Sementara di atasnya terdapat tiga slot. Masing-masing slot kartu SIM jenis nano dua buah di kanan dan slot microSD di bagian kiri.

Ketika cover Anda buka akan tampak modul kamera dan sensor sidik jari. Sementara di samping kanan dua tombol diletakkan satu baris (kontrol volume dan power/lock screen). Tentu agar lebih mudah dioperasikan dengan satu jari sekalipun.

Sedangkan di sisi atas dan bawah, disiapkan untuk meletakkan dua kepentingan yang berbeda. Di atas untuk kepentingan menaruh port (audio 3,5 mm dan microUSB), sedangkan di bawah tampak dua grill speaker.

 

LAYAR

Seri ini memang belum bisa disebut bezeless, tetapo Advan boleh diacungi jempol dalam meletakkan layar yang proposional. Dengan ukuran 5,5 inci namun tak membuat dimensi menjadi lebih besar. Selain itu posisi layar juga pas di tengah. Artinya bezel atas dan bawah berukuran sama. Begitupun dengan bezel kiri dan kanan.

Tetapi yang paling penting, layar 5,5 inci ini disiapkan untuk mendukung menampilkan video atau game dengan rasio aspek 18:9. Karena itulah Advan menjulukinya full view. Persoalannya belum terlalu banyak video yang memiliki rasio aspek seperti ini.

Layar tidak dilapis oleh Gorila Glass. Sebagai gantinya Advan menambahkan screen protector yang sudah termasuk dalam paket pembelian.

Untuk mengoptimalkan layar ini, sebuah fitur bernama Wallpaper disiapkan. Pengguna cukup menekan ikon fitur, maka tampilan wallpaper akan berganti. Serunya, Advan menampilkan beragam image wallpaper yang sangat menarik untuk menghias layar.

Untuk mengatur tingkat kecerahan layar, tersedia opsi pengaturan di menu Settings. Begitu pula dengan mode adaptasi kecerahan berdasarkan ambience cahaya alami.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled