Telkomsel Bantu UKM “Go Digital”

WWW.SINYALMAGZ.COMTelkomsel terus maju dengan solusi digital membantu perkembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mendukung program UKM Go Digital. Kerja sama dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jatinangor, Jawa Barat, pekan lalu.

Sektor UKM diakui jadi penggerak roda perekonomian yang berkontribusi besar terhadap PDB dan lapangan kerja. Karenanya Telkomsel menyambut positif kolaborasi dengan Kemenkop-UKM meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar bisa go digital.

“Kolaborasi ini dapat mendorong sektor UKM mengadopsi teknologi digital dengan cepat. Agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan,” ujar SVP Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir.

Kolaborasi membuat gebrakan baru agar pelaku UKM berlari cepat dan lincah menuju UKM go digital, yang didukung pembekalan ilmu relevan seperti digitalisasi kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi. “Juga menjadi daya dongkrak dan batu pijakan pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar lebih optimal,” sambut Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi keduanya meliputi inisiatif strategis meningkatkan kemampuan digital pelaku UKM, peningkatan kompetensi SDM, sinergi perluasan pasar produk UKM, serta pengembangan pengelolaan usaha dan sistem pembayaran digital. Telkomsel juga mendukung Kemenkop UKM menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas 120 UMKM dari berbagai wilayah di Jawa Barat dengan memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

Telkomsel melibatkan “99% Usahaku”, sebuah platform multifungsi untuk memenuhi kebutuhan secara online, sebagai solusi digital yang dapat mengakselerasi pelaku usaha UKM untuk go digital. 99% Usahaku memiliki lima fitur andalan dalam menjalankan fungsinya itu.

Pertama, fitur edukasi berupa konten pelatihan digital, forum diskusi, hingga kisah inspiratif penuh pembelajaran dari sesama pelaku UKM, kedua, solusi bisnis yang dapat membantu pelaku UKM meningkatkan produktivitas bisnisnya. Pelaku UKM pun diuntungkan, di antaranya ada paket data khusus UKM dengan harga terjangkau, dimudahkan dalam membuat laporan keuangan secara digital, hingga memperluas jangkauan pemasaran ke toko online.

Ketiga, fitur pembiayaan yang memberikan akses permodalan bagi pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya, khususnya di masa pandemi saat ini. Keempat, fitur pemasok, membantu pelaku UKM menemukan produk yang dibutuhkan bisnisnya dan dapat terhubung dengan beragam supplier. Kelima, fitur pemasaran atau hyperlocal marketing yang menghubungkan pelaku UKM dengan calon konsumen di area sekitar daerahnya. (*)

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled