Telkomsel Incar 1 Miliar Pelanggan di Indonesia

SinyalMagz.com – Meskipun pengguna gadget, khususnya smartphone, di Indonesia sudah mencapai titik nadir, namun bukan berarti operator telekomunikasi akan berhenti untuk menambah jumlah pelanggannya. Buktinya, Telkomsel mengincar satu miliar pelanggan di Indonesia.

“Suatu hari nanti, pelanggan Telkomsel mungkin bisa 1 miliar. Tapi yang 800 jutanya itu seperti ini (sepeda pintar) lalu AC, kulkas, dll.”, kata Ririek Adriansyah, selaku Direktur Utama Telkomsel, pada acara bertajuk Telkomsel dan UI Implementasikan Inovasi NB-IoT Bike Sharing, di area perpustakaan Kampus Universitas Indonesia Depok (14/3/2018) kemarin.

Tak hanya menyinggung pelanggan di Indonesia, Ririek juga menjelaskan bahwa teknologi telekomunikasi suatu saat nanti akan mengarah ke Internet of Things (IoT).

“Memang teknologinya ke arah sana. Dan itu yang kita antisipasi. Ini (Spekun) juga salah satu effort kita untuk menciptakan environment berbasis IoT, khususnya NB-IoT.”, ujarnya.

Pada peresmian uji coba sepeda pintar Spekun (sepeda kuning) di Kampus UI, Ririek juga menjelaskan bahwa salah satu evolusi teknologi selular adalah Internet of Things (IoT), dimana nanti banyak perangkat yang terkoneksi.

“Mungkin yang paling mudah dibayangkan adalah smart city, smart home, yang nanti semua perangkat itu akan terkoneksi, mudah dikendalikan. Bahkan suatu hari nanti, mobil pun tidak perlu supir lagi. Mobil bisa di-sharing.”, terangnya.

Meski demikian, menurut Ririek, di negara Indonesia tidak semua hal bisa diterapkan. Kalau di negara lain bisa mendekati realitas. Tetapi di Indonesia belum. Butuh waktu untuk adaptasi.

“Dengan smart city, kota akan lebih aman, nyaman, efisien, juga karena gak perlu antre untuk mendapat pelayanan, karena mereka bisa register dulu. Ke depan juga produktivitas bisa meningkat.”, ungkapnya.

Salah satu adaptasi IoT yang bisa dilihat adalah transportasi khususnya bike sharing. Tidak hanya di UI, tapi juga masyarakat Indonesia.

Karena masih uji coba, jadi jumlah Spekun masih sedikit. Namun Ririek memastikan tidak hanya jumlah sepeda yang akan ditambah, tetapi juga akan dikembangkan ke hal lain. Bahkan mobil bisa di sharing.

 

Halaman selanjutnya:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled