Netflix Club: News of the World, Balada sang Pembaca Berita

SINYALMAGZ RATE: 7/10

PEMAIN: Tom Hanks, Helena Zengel, Elizabeth Marvel, Mare Winningham

WWW.SINYALMAGZ.COM – Di usianya yang sudah lewat kepala 6, Tom Hanks masih menyimpan kepiawaian. Ia termasuk cukup produktif. Dalam setahun masih bisa bermain dua hingga tiga film. Tahun 2020 misalnya, setidaknya bermain di tiga film, dua di antaranya cukup menyita perhatian. Antara lain Greyhound dan News of the World.

Film kedua di atas sempat hadir di layar perak pada 25 Desember 2020, namun kurang laris manis akibat situasi pandemi. Bahkan boleh dikatakan jeblok. Dengan modal 38 juta dolar, film ini hanya meraih pendapatan 11,7 juta dolar. Baru dua bulan kemudian berpindah ke layar Netflix untuk memperpanjang usia edarnya.

Setelah pernah menjadi tentara di beberapa film berlatar Perang Dunia II, pria kelahiran 9 Juli 1956 ini mundur ke belakang. Masuk ke era Amerika pasca perang saudara alias perang sipil. Tepatnya pada 1847.

Menyandang veteran dan gelar kapten, Jefferson Kyle Kidd banting setir profesi. Dari tentara menjadi pebisnis. Bisnisnya –mungkin terasa lucu untuk hari ini- yakni membacakan berita dari beberapa koran. Kidd pun berpindah dari satu kota ke kota lain demi menjadi pembaca berita. Dari setiap kehadirannya, ia memperoleh receh 10 sen yang disumbang oleh per pendengar.

Dalam perjalanannya ke antarkota itu, Kidd bersua dengan gadis berdarah Jerman yang hidup bersama suku Kiowa. Adalah Johanna Leonberger yang punya nama Kiowa, Cicada. Gadis 10 tahun yang hanya bisa berbahasa Kiowa itu kehilangan dua keluarga. “Ia dua kali yatim piatu,” kata Kidd. Pertama kehilangan orang tua, kedua kehilangan keluarga suku Kiowa.

Baca juga: Netflix Club: I Care A Lot, Lika-Liku Bisnis Panti Jompo

Masalahnya tak satupun pihak yang mau menerima Johanna. Satu-satunya harapan adalah keluarga Leonberger yang masih menyisakan paman dan bibi Johanna. Dengan sedikit informasi perjalanan Kidd kini tak hanya berbisnis. Melainkan membawa Johanna kembali. Maka jadilah keduanya bertualang di alam wild west.

Permainan Hanks masih apik. Tak jauh beda dengan ketika menjadi Sully atau Captain Phillips. Kebetulan lagi, ini adalah untuk kedua kalinya Hanks berkolaborasi dengan sutradara film Captain Phillips, Paul Greengrass. Jadi masih terlihat kemiripan totalitas permainan antara Kidd dengan Phillips.

Yang menarik justru karakter Johanna yang dimainkan dengan bagus sekali oleh Helena Zengel. Kendati 12 tahun, ia tak kalah aura Hanks yang sangat matang. Dan, News of the World adalah debutnya di dunia Hollywood. Tak heran jika ia langsung masuk daftar nominee kategori Pemeran Pendukung di Golden Globe Awards. Sayang acara ini masih ditunda.

Baca juga: Netflix Club: The Climb (L’ascencion), Pejuang Cinta di Puncak Everest

Interaksi antara Kidd dengan Johanna amat susah. Bahasa menjadi persoalan besar mereka. Di sisi lain, Kidd juga punya kisah sendiri tentang istrinya yang ia tinggal pergi amat lama.

News of the World bukan bergenre action. Ini lebih ke drama seperti kebanyakan film-film Hanks. Kisah pembaca berita hanya sebagian dari latar profesi sang protagonis. Pengorbanannya kepada Johanna juga sebagian dari balada kehidupannya.

Tetapi ada sisi menarik lainnya, bahwa Amerika pernah koyak akibat perang saudara dan membangun dirinya walaupun kemudian banyak korban seperti warga Indian.

Simak trailernya: NEWS OF THE WORLD TRAILER

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled