Sukses Kompetisi Esport Dunia Games

PADA masa pandemi, produk digital dan layanan telekomunikasi menjadi semakin vital bagi kehidupan sehari-hari, ketika lebih banyak anggota masyarakat yang melakukan kegiatannya di rumah. Operator seluler merasakan hal itu dari adanya kenaikan broadband tertinggi, yang di Telkomsel mencapai 49 persen, dan itu berbanding lurus dengan peningkatan layanan mobile game sebesar 231 persen.

Fenomena tersebut membuat Telkomsel melalui Dunia Games semakin konsisten menghadirkan lebih banyak produk dan layanan yang menjadi solusi hiburan digital di bidang esports. Dunia Games pun meraih penghargaan sebagai “The Most Favorite Gaming Media of The Year” pada Indonesia Gaming Awards (IGA) 2020 dan “The Most Favorite Non-Publisher Esports Tournament” dalam ajang Indonesian Esports Awards 2020.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana mengatakan, “Sebagai pemimpin di perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel terus bergerak mendorong ekosistem digital di Indonesia secara inklusif dan berkesinambungan. Salah satunya, fokus mendukung kemajuan industri esport dan gaming Tanah Air melalui platform Dunia Games.”

Telkomsel, katanya, memaknai kedua penghargaan tadi sebagai pendorong tambahan Dunia Games untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi penggiat game Indonesia, dengan menjalankan empat pilar utama. Portal media komunitas, penyelenggara kompetisi, payment gateway, dan penerbit game.

Keempat fungsi tersebut terus dijalankan secara konsisten oleh Dunia Games dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan industri esports Indonesia. Juga untuk kemajuan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Sebagai portal media game, Dunia Games menyediakan informasi bermutu  dengan lebih dari 100 artikel seminggu dan lebih dari 1.800 video, yang memberi dampak positif pada pertumbuhan basis pengguna yang mencapai 17 juta orang. Dunia Games juga mencatat peningkatan jumlah times views sebesar 150 persen  dari tahun sebelumnya, atau tumbuh dari 20 juta times views menjadi 57 juta times views.

Sebagai penyelenggara kompetisi Dunia Games telah menyelenggarakan berbagai macam turnamen esports tahunan bergengsi, seperti Dunia Games League dan Indonesia Games Championship (IGC). Khusus IGC tahun lalu yang berhadiah Rp 1,6 miliar dan diikuti lebih dari 34.000 peserta dari 457 kabupaten/kota serta 3 negara Asia Tenggara, berhasil menyedot lebih dari 14 juta views dan 1,7 juta jam waktu tonton (watch time).

Terus tumbuh

Pencapaian yang telah ditorehkan oleh Dunia Games ini menjadi penilaian utama dari Indonesia Gaming Awards (IGA) 2020 dan Indonesian Esports Awards 2020. Keduanya pun menobatkan Dunia Games sebagai “The Most Favorite Gaming Media of The Year “ dan “The Most Favorite Non-Publisher Esports Tournament”.

Dunia Games juga memperkuat ekosistemnya dengan menghadirkan layanan payment gateway untuk berbagai macam game dan voucher game menggunakan alat pembayaran yang beraneka ragam. Termasuk melalui direct carrier billing (DCB) Telkomsel.

Per November 2020, terdapat 6 juta pengguna yang telah bertransaksi menggunakan Dunia Games DCB. Sedangkan pada akhir 2020 ini, terdapat lebih dari 150 game publishers dan developers yang telah terhubung melalui Dunia Games DCB.

“Secara keseluruhan, transaksi di Dunia Games terus tumbuh yang salah satunya didorong oleh peningkatan kebutuhan pelanggan di sela berbagai aktivitas hariannya di rumah akibat pandemi. Sepanjang Januari–November 2020, terjadi kenaikan transaksi sebesar 166 persen dibandingkan periode sama tahun l2019.  “Terjadi pula kenaikan sebesar 231 persen pada Desember 2020, yang notabene termasuk di masa pandemi, jika dibandingkan dengan Januari 2020 saat pandemi belum terjadi di Indonesia,” ujar Nirwan.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai penerbit game , Dunia Games menghadirkan berbagai pilihan game menarik untuk masyarakat Indonesia. Sepanjang 2020 lalu tercatat ada tiga game yang diluncurkan, yaitu Rise of Nowlin (Februari 2020), Kolak Express 3 (Mei 2020), dan Three Kingdoms: Quest of Infinity (Desember 2020).

Bersama ShellFire (2018) dan Lord of Estera (2019), total ada lima game yang telah diterbitkan dengan berbagai genre. Semua diminati karena  disesuaikan dengan keinginan para penikmat mobile game di seluruh Indonesia.

Kata Nirwan Lesmana, kedua penghargaan tadi merupakan sebuah pencapaian yang spesial bagi pihaknya dan menjadi apresiasi terhadap komitmen dalam memajukan industri esports dan gaming di Indonesia. “Kami akan terus memperkuat prinsip customer-centric dalam menghadirkan berbagai macam inovasi terbaru”, katanya pula. (hw)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Sinyal Magazine
Login/Register access is temporary disabled